Dreams are renewable. No matter what our age or condition, there are still untapped possibilities within us and new beauty waiting to be born.

-Dale Turner-

Senin, 30 April 2012

Bersepeda juga tidak buruk-buruk amat

 

      Akhir-akhir ini, minat masyarakat terhadap olahraga bersepeda terus meningkat. Hal ini dapat dilihat dari terus  bermunculannya komunitas olahraga bersepeda yang baru.

Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang menarik dan dapat dilakukan oleh siapa saja, tanpa memandang status usia dan jenis kelamin. Beberapa penelitian bahkan telah menunjukkan sejumlah keuntungan dari aktivitas sederhana ini sebagai alat untuk mempromosikan kesehatan secara keseluruhan.

 Kota Yogyakarta pun tidak kalah kota istimewa inni meluncurkan program SEGOSEGAWE (SEpeda kangGO SEkolah lan nyambut GAWE ) 


      Program Sepeda Kanggo Sekolah lan Nyambut Gawe (Sego Segawe) yang diluncurkan Pemerintah Kota Yogyakarta beberapa waktu yg lalu, hendaknya ditindaklanjuti dengan rencana aksi yang jelas. Jangan sampai kemudian program tersebut tidak mendapat respons dari masyarakat karena kurang atau tidak adanya program yang berkelanjutan. Misalnya tidak adanya sarana tempat parkir di kawasan publik maupun di instansi negeri maupun swasta. Beberapa tahun lalu di Yogyakarta sebenarnya sudah dideklarasikan program 'Jogja untuk Sepeda' oleh Sultan HB X. Juga ada program 'Jogja Kembali Bersepeda'. Sayangya program tersebut belum bisa berjalan maksimal karena tidak adanya rencana aksi berikutnya. Dukungan ketersediaan prasarana dan sarana juga sangat diperlukan.
       Dukungan tersebut masih minim, misalnya saja masih sangat sedikit tempat parkir khusus sepeda. Kalau menginginkan sepeda menjadi alat transportasi yang sejajar dengan alat transportasi lain, maka ketersediaan tempat parkir selain jalur sepeda merupakan keharusan. Sebenarnya langkah Pemkot lewat program 'Sego Segawe' sudah sangat bagus, apalagi dengan presure atau 'tekanan' kepada pegawai di lingkungan Pemkot Yogyakarta. Masing-masing Dinas terkait di Pemkot Yogyakarta hendaknya membuat rencana aksi seperti Dinas Perhubungan, Lingkungan Hidup atau Dinas Pendidikan. Tujuannya agar program 'Sego Segawe' tidak hanya gebyar pada awalnya saja.

0 komentar:

Posting Komentar